Metode Pembelajaran PAK Multikultural
Metode
PAK adalah suatu cara atau tehnik dalam pengajaran atau menyampaikan pesan.
Dalam PAK metode adalah suatu pelayanan, suatu pekerjaan yang aktif, yang kita
lakukan bagi Firman Tuhan dan bagi sesama manusia, suapaya kedua pihak itu
bertemu satu sama lain.
Metode itu sendiri hanyalah sebuah jalan dan alat saja,
bukan maksud untuk menuju kepada Firman Tuhan. Melainkan, metode itu dijalankan
dengan rendah hati dan setia, serta mengharap bahwa metode itu akan menghasilkan
iman, pengetahuan, dan penuturan yang sejati dalam hidup peserta didik.
Metode
sebagai sebuah konsep yang harus dituangkan ke dalam sistem kurikulum, untuk
dapat melaksanakan suatu kegiatan dengan mudah guna mencapai maksud dan tujuan
yang ditentukan. PAK di sekolah, harus turut berperan aktif dalam kegiatan
belajar mengajar peserta didik dalam konteks masyarakat multikultur. Kehadiran
PAK di sekolah harus sungguh-sungguh turut menyumbangkan peranannya dalam
membentuk peserta didik agar siap dan mampu menghadapi perbedaan-perbedaan yang
ada dengan tetap setia pada imannya (Nainggolan, 2006: 45).
Maka dengan itu
tujuan PAK di sekolah harus bisa membawa dan mewujudkan peserta didik hidup
berdampingan, meskipun itu berbeda dari berbagai kelompok, etnis, ras, gender,
budaya, kelas sosial dan perkecualiannya mengalami kesederajatan dalam
pendidikan.
Dalam hal ini biasanya pendidikan multikultural secara umum
menggunakan metode dan pendekatan (method
and approach) yang beragam, yang
telah dituangkan ke dalam sistem kurikulum. Kita sebagai pendidik
seharusnya memiliki metode mengajar yang beraneka ragam, agar dalam proses
belajar mengajar tidak menggunakan hanya satu metode saja, tetapi harus
divariasikan, yaitu disesuaikan dengan tipe belajar peserta didik dan kondisi
serta situasi yang ada pada saat itu sehingga tujuan pengajaran yang telah
dirumuskan oleh pendidik dapat terwujud/tercapai.
Berdasarkan
definisi di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa metode merupakan
jalan atau cara yang ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Dengan hal ini metode dalam pelaksanaan PAK dalam konteks Indonesia yang
majemuk/multikultural, dapat berkontribusi terhadap kurikulum maupun proses
belajar mengajar di sekolah.
0 comments