Metode Pendidikan Agama Kristen Multikultural

Metode Pembelajaran PAK Multikultural

Metode PAK adalah suatu cara atau tehnik dalam pengajaran atau menyampaikan pesan. Dalam PAK metode adalah suatu pelayanan, suatu pekerjaan yang aktif, yang kita lakukan bagi Firman Tuhan dan bagi sesama manusia, suapaya kedua pihak itu bertemu satu sama lain. 

Metode itu sendiri hanyalah sebuah jalan dan alat saja, bukan maksud untuk menuju kepada Firman Tuhan. Melainkan, metode itu dijalankan dengan rendah hati dan setia, serta mengharap bahwa metode itu akan menghasilkan iman, pengetahuan, dan penuturan yang sejati dalam hidup peserta didik.


Metode sebagai sebuah konsep yang harus dituangkan ke dalam sistem kurikulum, untuk dapat melaksanakan suatu kegiatan dengan mudah guna mencapai maksud dan tujuan yang ditentukan. PAK di sekolah, harus turut berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik dalam konteks masyarakat multikultur. Kehadiran PAK di sekolah harus sungguh-sungguh turut menyumbangkan peranannya dalam membentuk peserta didik agar siap dan mampu menghadapi perbedaan-perbedaan yang ada dengan tetap setia pada imannya (Nainggolan, 2006: 45). 

Maka dengan itu tujuan PAK di sekolah harus bisa membawa dan mewujudkan peserta didik hidup berdampingan, meskipun itu berbeda dari berbagai kelompok, etnis, ras, gender, budaya, kelas sosial dan perkecualiannya mengalami kesederajatan dalam pendidikan. 

Dalam hal ini biasanya pendidikan multikultural secara umum menggunakan metode dan pendekatan (method and approach) yang beragam, yang  telah dituangkan ke dalam sistem kurikulum. Kita sebagai pendidik seharusnya memiliki metode mengajar yang beraneka ragam, agar dalam proses belajar mengajar tidak menggunakan hanya satu metode saja, tetapi harus divariasikan, yaitu disesuaikan dengan tipe belajar peserta didik dan kondisi serta situasi yang ada pada saat itu sehingga tujuan pengajaran yang telah dirumuskan oleh pendidik dapat terwujud/tercapai.


Berdasarkan definisi di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa metode merupakan jalan atau cara yang ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan hal ini metode dalam pelaksanaan PAK dalam konteks Indonesia yang majemuk/multikultural, dapat berkontribusi terhadap kurikulum maupun proses belajar mengajar di sekolah.

0 comments