Strategi PAK Dalam Masyarakat Majemuk

Strategi PAK Dalam Masyarakat Majemuk

dalam Bukunya John. M. Nainggolan
PAK dalam Masyarakat Majemuk

Menjadi guru PAK dalam era sekarang ini tidak mudah, apa lagi dalam menghadapi nilai-nilai perubahan sekarang ini dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam kehidupan kita perubahan sangat cepat seperti dalam hal: perubahan nilai-nilai; perubahan pandangan terhadap kesucian dan kekudusan, perubahan terhadap materi dan dampak teknologi, yang sangat kuat mempengaruhi pola hidup masyarakat. 


Dengan melihat perubahan kehidupan yang amat pesat ini, menjadi tugas dan tanggung jawab guru PAK untuk berupaya pembentukan akhlak dan moralitas peserta didik agar mereka memiliki perilaku, nilai, dan pandangan hidup yang baik. Tantangan perubahan nilai yang kita hadapi saat ini demikian beragam dan amat kuat pengaruhnya dalam hidup kita seperti: 
1) Dunia komunikasi, 
2)Nilai-nilai moral dan etik, 
3)Sadisme dan kekerasan.

Dalam perubahan kehidupan yang seperti ini, Nainggolan mencoba untuk mendekati dengan unsur-unsur yang penting baginya. Pendekatan ini melalui pengajaran agama kristen di dalam ruangan kelas, sehingga pendekatan ini mempunyai prinsip yang berkaitan dengan tujuan, isi, peranan, dan konteks pendidikan itu sendiri. 

Isi pengajaran Kristen itu sendiri ialah: Pengajaran iman kristen, pengembangan spritual, pembebasan, relevansi, kecintaan kepada firman Allah, membarui sikap dan perilaku, penemuan jati diri, pentransferan pengetahuan nilai-nilai kristiani, prinsip integransi. 

Dan ciri Pendidikan Agama Kristen ialah: bersifat partisipasi,  terbuka terhadap perubahan, berkelanjutan, terarah dan terencana, berorientasi kepada manusia. Dan tujuan Pendidikan Agama Kristen ialah: pertobatan, pertumbuhan rohani, pemuridan, pembentukan spritual.

Dengan demikian pendekatan-pendekatan yang seperti ini akan membantu kita untuk menghadapi perubahan kehidupan di dalam masyarakat majemuk yang sekarang ini. 

Melalui pengajaran di dalam sekolah kepada peserta didik, supaya ketika peserta didik keluar di lingkungannya mereka sudah mempunyai akhlak dan moralitas yang terbentuk dengan baik. 

Maka dengan itu hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab kepada guru-guru PAK di dalam sekolah, sehingga guru-guru PAK ini memiliki pengaruh yang sangat penting untuk melakukan perubahan hidup mereka. 

0 comments