Keragaman Masyarakat Indonesia, Dikupas Sekilas Tapi Tuntas

Masyarakat Multikultural di Indonesia


Pada hakikatnya masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku yang masing-masing mempunyai struktur budaya (culture) yang berbeda-beda. Dalam hal ini masyarakat multikultural tidak bersifat homogen, namun memiliki karakteristik heterogen dimana pola hubungan sosial antarindividu dimasyarakat bersifat toleran dan harus menerima kenyataan untuk hidup berdampingan secara damai satu sama lainnya yang terdapat perbedaan yang melekat pada tiap etnis, sosial, dan politiknya.
Keragaman dan perbedaan yang dimaksud, antara lain keragaman struktur budaya yang berakar pada perbedaan standar nilai yang berbeda-beda, keragaman ras, suku, dan agama, keragaman ciri-ciri fisik seperti warna kulit, rambut, raut muka, postur tubuh serta keragaman kelompok sosial dalam masyarakat.

Oleh karena itu, dalam sebuah masyarakat multikultural sangat mungkin terjadi konflik vertikal dan horizontal yang dapat menghancurkan masyarakat tersebut.



2. Latar belakang kemajemukan bangsa di Indonesia
Keadaan multikultural dalam masyarakat indonesia mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda-beda tiap daerah. Perbedaan yang muncul dalam masyarakat indonesia dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut.

  a. Faktor Geografis

           Indonesia terletak pada wilayah yang strategis dalam persimpanan lalu lintas dunia. Letak Indonesia secara geogrefis adalah dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta antara dua samudera, yakni Samudera Pasifik dan Hindia. Karakteristik tersebut menjadikan indonesia sebagai negara terbuka, artinya indonesia sangat mudah mengadakan kontak budaya dengan bangsa asing melelui pelayaran dunia. Karenanya banyak pedagang asing yang singgah di Indonesia, seperti Arab, india, portugis, spanyol, inggris, korea, cina, dan lain-lain. Hal tersebut menyebabkan masuknya unsur budaya asing ke indonesia seperti bahasa inggris dan belanda, agama Islam, hindu, nasrani dan buddha.
 b. Faktor sejarah Indonesia
Dalam sejarah, dinyatakan bahwa bangsa indonesia adalah imigran yang datang dari Yunan selatan (Indocina). Sejalan dengan berkembangnya zaman, maka datanglah bangsa-bangsa asing ke indonesia. Mereka beradaptasi dan berasimiliasi dengan suku bangsa setempat, sehingga terjadi pembauran.
c. Faktor perbedaan struktur geologi
Negara indonesia mempunyai tiga struktur geologi, yaitu tipe Asia dengan struktur geologi Indoseia Barat, tipe peralihan dengan zona geologi dengan struktur geologi Indonesia Tengah, dan tipe Australia dengan struktur geologi Indonesia Timur. Perbedaan inilah yang menyebabkan perbedaan ras, suku, jenis flora dan faunanya.

d. Faktor bentuk fisik Indonesia
Apabial dilihat dari struktur geologinya, bangsa indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng benua besar. Hal ini menjadikan indonesia berbentuk negara kepulauan yang terdiri atas ribuan pulau. Masing-masing pulau mempunyai karakteristiknya tersendiri. Untuk mempertahankan hidupnya, masyarakat di tiap pulau juga mempunyai cara tersendiri yang tak sama dengan pulau lain.
Teknologi, budaya, seni, bahasa mereka pun berbeda-beda yang akhirnya membentuk masyarakat multikultural.

Selamat membaca, semoga bermanfaat, Jangan lupa "Share" dan "Ikuti" alamat Blog ini, https://dafid08.blogspot.co.id/  yang selalu Update setiap hari dalam bidang Sekitar Dunia Pendidikan.

0 comments